Pengertian Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri; Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id/).

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Cara cek NISN siswa Untuk mengetahui nomor induk siswa nasional atau NISN, bisa dicek melalui laman resmi NISN Data Kemendikbud. Selengkapnya cara untuk cek nomor NISN siswa yakni sebagai berikut:
1. Buka laman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama/ lalu akan muncul form pencarian nama masukkan “Nama”, “Tempat Lahir”, “Tanggal Lahir”, “Nama Ibu”
2. Setelah diisi, centang pada kotak verifikasi “I’m not a robot”
3. Selanjutnya klik “Cari Data” untuk mencari informasi terkait nomor induk siswa nasional atau NISN.

Jika Data Tidak Ditemukan atau Ditemukan tapi Status Tidak Aktif, segera menghubungi Sekolah/Madrasah untuk konfirmasi dan memperbaiki data.

Data yang diinput di Data NISN adalah data yang sesuai tertera di Dokumen DUKCAPIL (Kartu Keluarga) yang meliputi
1. NIK
2. Tempat Lahir
3. Tanggal Lahir
4. Jenis Kelamin
5. Nama Ibu Kandung
6. Alamat (Provinsi, Kab. Kota, Kecamatan, Kelurahaan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *